Perkemahan Pelantikan Saka Bhayangkara Kota Batam

Baca Juga

Salam Pramuka!!!

Salam pertama pastinya yang diucapkan oleh Anggota Pramuka, bukan hanya untuk di Indonesia saja, tapi para penjuru Pramuka Dunia pasti juga mempunyai salam nya. Sudah masuk di awal maret dan baru hanya ada 1 artikel yang bisa terbit pada Bulan Maret kali ini. Ya, sebetulnya artikel nya kegiatannya di Februari tapi baru sempat terupload di Bulan Maret. Untuk cerita pertama Maret ini kita specialkan ke Satuan Karya Pramuka Bhayangkara. Kenapa? Pen tau? mari kita baca artikel berikut.

[ Tanda Satuan Saka Bhayangkara ]

Kenapa kali ini kami akan membahas tentang Saka yang satu ini? Karena beberapa hari yang lalu kita diudang ke Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Kota Batam untuk menghadiri kegiatan mereka, yaitu kegaitan Pelantikan Anggota yang dilaksanakan di Lapangan Tembak Poltabes Barelang Kota Batam. Ya, Saka Bakti Husada pada kali ini berperan sebagai sebuah satuan khusus yang dinamakan sebagai Satuan Khusus Kesehatan.

Turut membantu kegiatan yang berlangsung selama 2 hari itu mulai dari hari Sabtu sampai dengan minggu agak sedikit menantang, selain Satuan yang bergerak di bidang Kepolisian ini juga memiliki pangkalan yang dimana rata-rata masyarakat jauhi menjadi acuan semangat kami semakin meningkat. Kemudian disusul dengan tempat yang cukup menarik yang langsung berhadapan dengan hutan ini menjadi penyemangat tambahan yang dapat menghidupkan jiwa raga seorang PRAMUKA sejati.

Ketika kebarangkatan saja sudah menghadapi tantangan, yaitu hujan deras yang melanda sehingga menyebabkan para pasukan kesehatan perlu sedikit berteduh disuati halte daerah Tiban, dan mencari beberapa jas hujan dengan berbelanja sebuah Polybag XL untuk dijadikan jas hujan, anak pramuka gak kehabisan cara untuk berpikir, tapi bukan keren ya kalau anak pramuka wajib kudu melawan hujan, yang ada malah sakit ntar xD.

Sampai dengan selamat dan sedikit telat, lansung melihat suasana Lapangan Tembak dan siap bersedia untuk melaksanakan Upacara Pembukaan, sama dengan kegiatan lainnya pada Pramuka, pasti setiap kegiatan resmi atau latihan akan dimulai dengan upacara pembukaan, berlangsung dengan lancar sampai dengan penutupan, yang dipimpin oleh Kak Arnold sebagai Pembina Upacara sekaligus Pamong Saka Bhayangkara Kota Batam ini menyampaikan pesan pesan penting sebelum Para Peserta perkemahan melaksanakan kemah selama 2 hari kedepan.

Untuk Saka Bakti Husada Batam sendiri mendapatkan barisan yang lumayan menarik, yaitu pada barisan Pembina (karena telat sih sebetulnya), dan disambut ramah oleh Kak Arnold, dan beliau juga berpesan untuk saling bekerjasama, membantu, serta siap sedia dalam tugasnya sebagai Tim Kesehatan pada kegiatan Perkemahan Pelantikan Anggota Saka Bhayangkara Kota Batam ini, jelas dong kami jawab dengan tegas "SIAP KAK!!!"

[ TIM KESEHATAN dan PAMONG SAKA BHAYANGKARA BATAM ] 

[ Kakak Dewan Saka nya numpang Eksis dulu ]

Untuk kegiatan ini, sebetulnya dari Pihak Saka Bakti Husada hanya di undang sebanyak 5 orang, sedangkan yang lainnya terutama Kak Wira hanya numpang Eksis saja di situ, haha. Ya, pasukan 5 orang nya yaitu ialah Kak Rendra, Kak Tri, Kak Dinda, Kak Rahmi, dan Kak Lisa. Sedangkan yang lain hanya sekedar berkunjung saja sebagai Tamu atau mengantar para pasukan sebagai Tim Kesehatan dengan memberi sedikit masukan dan tekanan kepada mereka.

[ Numpang Eksis sekali lagi guys! ]

Ya, gak akan habisnya jika Ratu Selfie pegang sebuah kamera jadinya bakalan banyak foto yang dihasilkan, tapi untuk kali ini hanya satu aja yang diupload. Waktu menujukkan pukul 17:30 WIB dan sudah hampir memasuki waktu magrib, dan kemudian disusul dengan shalat magrib bersama dan persiapan mengisi perut dikarenakan lapar ini memang sangat menyiksa, gak terasa akan masuk ke kegiatan malam. Biasanya malam adalah kegiatan yang paling mainstream yang terlaksana, tapi kali ini kita skip aja ya kak, dikarenakan ada beberapa faktor yang tidak perlu di publish.

HARI KE-2

Pada hari ke-2 ini, kegiatan nya hanya dilanjutkan dengan Hiking ke hutan, dengan berbekal ala kadarnya para peserta perkemahan Saka Bhayangkara akan bergegas masuk ke hutan yang tepat berada di belakang area perkemahan, selain itu disetiap perjalan para peserta akan dihadang dengan beberapa pertanyaan seputar Pramuka, dan Kesakaan. Tapi sebelum pelaksanaan Hiking tentunya akan diisi dengan kegiatan makan bersama, supaya lebih semangat dan siap menghadapi tantangannya. Dan sebagai Tim Kesehatan maka juga mempersiapkan segala alat-alat yang dibutuhkan saat hiking berlansung unutk menghindari kecelakan.

[ Para Panitia tengah menikmati sarapan pagi ] 

[ Ya, dia Kak Rendra yang paling semangat!!! ]

Kurang apa lagi kakak yang diatas? Kak Wira aja kalah, apalagi Kak Wahyu, wkwk. Terbaiklah untuk kegiatan-kegiatan, dia yang paling rajin. Masuk ketahap intinya, tapi kita singkatkan waktu, berhubung Admin tidak terlalu mengikuti kegiatan secara penuh dan bahkan yang sudah mengikuti Kegiatan Pelantikan ini secara penuh belum ada yang memberikan Laporan mengenai Kegiatan ini, so kita tulis apa adanya saja.

[ Para Peserta Putra Saat Memasuki Kegiatan Hiking ] 

[ Kalau ini Peserta Putri nya ]

ya, untuk disetiap Pos yang para peserta lewati akan mendapatkan tantangan yang berbeda, seperti saat pos pelepasan mereka akan mendapatkan beberapa soal yang dimana cepat menjawab mereka akan pergi duluan sebagai Tim Pertama yang akan menang, kemudian disusul dengan yang dapat menjawab soal lanjutan. Masuk di pos pertama sepertinya mereka bakal ditantang dengan Kegiatan Adu Malu dimana mereka akan menunjukkan bakat dan kemampuan mereka didepan kakak-kakak seniornya. Selain itu pula juga akan ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh Para Kakak seniornya. Usai sudah maka mereka akan lanjut ke post yang lainnya.

[ Pasukan Putra menyebrangi sebuah Pulau melewati Sungai ] 

[ Yang Putri jangan sampai mau kalah ya!! ]

Seperti yang dapat kakak lihat sendiri, mereka masuk ke post adu nyali, dimana para peserta didik diwajibkan berani menyebrangi ke pulau sebelah dengan melewati sebuah sungai yang dalamnya mencapai di angkat 2 meter, tapi tenang, para peserta disediakan sebuah tali untuk menyebrangi dan tentunya aman karena dijaga ketat oleh para kakak senior yang sudah terlatih dibidang nya, ya bisa dikata mainan mereka lah sehari-hari, sampai di pulau sebrang mereka tentunya tidak berhenti, pertanyaan tentang Kesakaan dimulai dan disitulah mereka dinyatakan layak atau tidaknya sebagai Anggota Saka Bhayangkara Kota Batam

Dimulai pukul 08:30 WIB dan siap sebelum masuk Waktu shalat Zuhur, dimulai makan dan diakhiri juga dengan makan, semua pasti butuh makan, ya kegiatan ini disusul dengan kegiatan bersih diri, kemudian makan bersama dan shalat berjamaah yang pada akhirnya akan ditutup dengan kegiatan resminya kembali, yaitu Upacara Penutupan serta Penyematan Badge Satuan kepada para peserta kegiatan yang dinyatakan lulus dan berhak menjadi keluarga baru pada Pramuka Saka Bhayangkara Kota Batam.

Upacara berlangsung setelah waktu zuhur, dimana pada kegiata penutupan ini para peserta sudah dalam keadaaan Siap Sedia, tentunya para panitia juga dong, Para Peserta Kegiatan kali ini tampil lebih awal dan juga pada penutupan ini ada beberapa Satuan Karya yang diundang untuk menjadi tamu serta menghadiri kegiatan ini seperti Saka Bahari Kota Batam dan Saka Bakti Husada Kota Batam. Ya, mungkin baru ke-2 Saka ini yang diundang sebagai Tamu kegiatan, semoga ditahun depan dapat seluruh Saka berkumpul menjadi satu. 

[ Para Tamu yang hadir sebelum Pelantikan dimulai ] 

[ Suasana Upacara Penutupan sekaligus Pelantikan ] 

[ Dan ini, ketika Pembina masuk pada Upacara Penutupan ] 

[ Penyematan Tanda Satuan yang disematkan lansung oleh Pisaka ]

Diatas adalah beberapa foto yang dapat kami publish saat kegiatan pelantikan Anggota Saka Bhayangkara Batam. Ya, ternyata saat penutupan ini semua para peserta tampak lebih semangat dan tidak ada menimbulkan korban jiwa meski beberapa menit sebelumnya mereka melaksanakan Hiking sampai mendaki bukit dan menyebrangi pulau, tugas kesehatan jadi tidak terlalu penting. Dan ternyata belum sampai situ aja, mereka secara diam-diam ganti baju dan menampilkan Senam Polisi dan beberapa menampilkan yel-yel menarik mereka, yuk simak foto dan video nya.

[ Sedikit awalnya masuk, ]

 [ Dan akhirnya banyak yang masuk ]

[ Yang Putra tidak mau kalah dong ]


Seperti pepatah mengatakan, sedikit dulu lama lama banyak, sedikit demi sedikit lama lama jadi bukit, ha tadi yang putri awalnya malu malu makanya masuknya sedikit terus berani deh jadinya banyak -__-. Gimana penampilan mereka kak? haha, keren kan? sip lah kalau gitu, akhirnya kegiatan Perkemahan Pelantikan ini siap juga, tapi sebelum bubar tentunya ada foto sesi bersama dong, sile simak foto berikut kak.

 [ Foto bersama dengan Para Tamu Undangan I ]

 [ Foto bersama dengan Para Tamu Undangan II ] 

[ Pamer Lambang Satuan ] 

[ Dilaur sesi yang ditentukan ]

Ya, itu dia beberapa kegiatan yang dapat kami ceritakan mengenai Keluarga Kami dari Saka Bhayangkara Kota Batam. Insyallah Semua Saka akan kami ceritakan juga nantinya disini. hehe. Siap, terimakasih kak, jangan lupa tinggalkan jejak ya!!


Terimakasih,
Salam Pramuka.
Gerakan Pramuka
Saka Bakti Husada
Kwarcab Batam

2016


Share this

Related Posts

Next