Lomba Krida Saka Bakti Husada 2016

Baca Juga

Salam Pramuka!!!



[ Hayooo nungguin gambarnya ya? ]

Iya, berjumpa lagi dengan kami, dimana pada kegiatan minggu lalu kita telah usai menyelesaikan sebuah kegiatan Bakti Masyarakat Fisik yang bertepatan pula dengan Hari Peduli Sampah Nasional 2016 sehingga kami dari pihak Saka Bakti Husada menjadi kolaborator #ikutgerak yang telah diselenggarakan oleh Saka Kalpataru Batam dimana mereka sebagai kolaborator #bikingerak, hanya saja tidak dapat berpartisipasi pada Alun-Alun Kota Batam atau dapat disebutjuga Dataran Engku Putri.

Usai cerita, kami kembali mengadakan sebuah kegiatan yang dimana kegiatan ini menjadi kegiatan adu bakat, kemampuan, pengetahuan, ilmu, dan apa-apa yang sudah didapat oleh seluruh Anggota saka Bakti Husada. Dimana kegiatan ini dinamakan dengan Kegiatan Lomba Krida Saka Bakti Husada 2016. Ya, pada awalnya kegiatan ini akan menjadi kegiatan Tahunan Saka Bakti Husada yang akan melibatkan para Anggota Gerakan Pramuka dari Gugus Depan yang berada di wilayah kota Batam, yang dimulai dari tingkatan Penggalang sampai dengan tingkatan Penegak. Insyallah, do'akan ya kak :)

Lanjuut, kegiatan Lomba Krida ini pertama kali kami terapkan untuk mengukur sejauh mana kemampuan para peserta didik dari Anggota Saka Bakti Husada sekaligus mengantisipasi atau pembelajaran pada kegiatan yang akan kami laksanakan pada Tingkat Cabang tersebut. Alhamdulillah, kegiatan lomba krida ini berjalan dengan lancar dan terkendali sampai dengan siap. Yuk, mari simak perjalanan kegiatannya seperti apa?

[ Poster Kegiatan Lomba Krida ]

Ya, semuanya sudah pada bersiap-siap dengan 5 mata lomba yang akan dilombakan, akan tetapi setelah mengalami beberapa musyawarah dan revisi akhirnya Lomba yang dilaksanakan menjadi 3 macam mata lomba, yaitu Lomba Poster, Lomba Logo, dan Lomba Penyuluhan. Yang awalnya 2 mata lomba dihilangkan dikarenakan para peserta didik belum mendapatkan pelajaran yang lebih mengenai mata lomba tersebut.

Lomba Poster disini setiap krida diwakilkan oleh 1 orang, yang dimana mereka akan membuat poster sekaligus mempresentasikan hasil poster mereka, Lomba Logo dimana setiap krida diwakilkan 1 orang untuk membuat sebuah logo yang akan dipakai pada Perkemahan Pelantikan Anggota angaktan ke-6. Selanjutnya Lomba Penyuluhan dimana lomba ini diwakilkan oleh 2 orang dari setiap Kridanya, dengan beradu tenaga dan pikiran maka terjadilah kegiatan yang seru dan asyik.

Scene 1.

Dimulai dengan Upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kak Agung sebagai Pemimpin Upacara dan Kak Opik selaku pamong saka yang menjadi Pembina Upacara pada pagi hari itu (28/2). Upacara yang berlangusng dengan khitmat ini berjalan sampai dengan selesai sebelum diberi arahan tentang pelaksanaan lomba oleh penanggung jawab utama yaitu Kak Agung.

[ Foto Ketika Upacara Pembukaan dilaksanakan ] 

[ Penjemputan Pembina oleh Kak Agung ]

Dan kemudian dilanjutkan dengan pengarahan lomba oleh Kak Wira, lalu persiapan menuju area kegiatan, akan tetapi sebelum lomba dilaksanakan, ya seperti biasa, sebagai anggota Pramuka tetap melaksanakan Latihan fisiknya dahulu, akan tetapi ini digantikan dengan senam pagi yang dimana kegaitan senam pagi ini langsung di koordinir oleh Kak Ipul sebagai Instruktur Senam dan diikuti oleh seluruh Anggota Saka yang siap sedia untuk mengikuti Lomba Krida Saka Bakti Husada 2016.

[ Diputer maaannnnnnggg!! ] 

[ Selalu kompak, meski banyak ketawanya nengok Kak Ipul ]


Scene 2.

Masuk ke Scene ke-2, pada scene ini mulai lah terjadi puncak kegiatannya, dimana kegiatan yang ditunggu-tunggu ada pada kegiatan ini. Yapz, dimulai dari kegiatan Lomba Penyuluhan yang dimana setiap Krida diwakilkan oleh 2 orang, dan juri berasal dari Instruktur sehingga disaksikan langsung oleh Pimpinan Saka yaitu Kak Dewi, yang juga hadir pada kegiatan tersebut, Kegiatan Lomba Penyuluhan ini dilaksanakan diluar ruangan sesuai dengan permintaan dari Kak Dewi sendiri pada saat itu.

[ Ini foto dari Dewan Juri, Pimpinan Saka dan Moderator ]

[ Sedangkan ini, foto tampak kegiatan yang berlangsung ]

Ya, Tema pada perlombaan ini adalah Kesehatan, dan hal yang dapat disampaikan oleh setiap peserta merupakan judul yang dibuat sendiri oleh para peserta dari nama kridanya masing-masing. Seperti, Krida Lingkungan Sehat memberikan penyuluhan tentang Kridanya yaitu tentang Lingkungan Sehat, dan begitu juga pada setiap Krida-Krida lainnya. Dan Alhamdulillah diikuti oleh seluruh Krida yang ada di Saka Bakti Husada. Dibawah ini beberapa foto kegiatan dari Lomba Penyuluhan.

[ Penampilan pertama dari Kak Farida dan Kak Salmah ]

[ Penampilan dari Krida Bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ]


Setelah semua para peserta tampil, jadi sudahlah perlombaan pertama yang dilaksanakan, setelah Lomba Penyuluhan ini maka peserta lomba akan memasuki tahap perlombaan selanjutnya, akan tetapi sebelum lanjut diisi dengan istirahat bersama sambil menikmati makanan ringan yang telah disediakan, sekedar informasi, pada kegiatan Lomba Penyuluhan ini setiap peserta memakan waktu 15 menit sehingga agak terlalu pada perlombaan yang pertama ini. Dan ini foto yang dapat diadaptasi pada kegiatan Istirahat.

[ Foto pertama yang diambil ] 

[ Mulai menyusun strategi untuk Lomba selanjutnya ]

Scene 3.

Sudah masuk ke scene ke-3 ya? Tidak terasa scene nya akan berakhir sebentar lagi. Ya, pada scene 3 ini kita akan berbicara mengenai Lomba Poster dan Lomba Logo, dikarenakan waktu sudah mepet sehingga panitia mendesak supaya kedua lomba diatas dilaksanakan bersama-sama, untuk Lomba Poster sendiri setiap peserta membuat Poster yang dimana bertemakan "Sehat Bangsaku Sehat Negeriku" dengan menggunakan alat seadanya, dan hasil juga lumayan bagus kok. Seiring berjalannya Lomba Poster disusul juga dengan Lomba Logo yang diwakili setiap krida 1 orang untuk membuat sebuah Logo Kegiatan Perkemahan Pelantikan Angkata ke-6 dan yang juara 1 pada lomba ini, logonya akan digunakan pada saat perkemahan Pelantikan, untuk durasi waktu sendiri poster berdurasi 30 menit dan logo juga sama ^^, ini beberapa foto kegiatan saat discene 3.

[ Generasi nunduk ini gak ya? ] 

[ Para peserta Lomba Logo dan Lomba Poster ]

Pada kegiatan ini juga, Alhamdulillah diikuti oleh seluruh peserta dari setiap Krida, ya selain beradu saing mereka juga beradu kekautan mereka dibidang seni serta bagaimana cara untuk menorehkan warna diatas putih (biasanya hitam diatas putih) haha. Kegiatan yang langsung diamati oleh Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat cabang Kota Batam ini berjalan dengan khitmat sampai dengan habis kegiatan, oke, kita lanjut di scene ke-4 xD. eh tapi mereka juga menjelaskan makna dari logo dan arti dari poster yang mereka buat loh kak, cok dilihat foto ini.

[ sedikit penjelasan dari Kak Novika mengenai poster yang dia buat ]

[ Kalau ini mah bergaya, bukan ngejelasin, tapi kakaknya manis juga xD ]

Scene 4.

[ Sedikit berbicara mengenai lomba yang tadi, sambil menuggu hasil juri ] 

[ Do'akan anak mu ini menang Maaaak! ]

Beberapa foto diatas adalah foto setelah usai pelaksanaan Lomba, yaitu menunggu hasil dari Perlombaan yang langsung diumumkan ditempat, lumayan juga loh hadiahnya, sertifikat yang dihiasi dengan hiasan yang menarik serta beberapa kotak yang jangan dilihat isinya tapi dilihat besarnya xD. Dan setelah menunggu sekitar 15 menit dan hasil perlombaan nya keluar, ya Selamat ya kepada yang juara-juara dari setiap cabang lomba, ini beberapa foto dari para juara-juara Lomba Krida Saka Bakti Husada 2016.

[ Pemenang Lomba Logo, congrat kak ]

[ Pemenang Lomba Poster, congratulations ya kak ]

[ Juara 3 Lomba Penyuluhan, yaitu kak Salmah dan kak Farida ]

[ Juara 2 Lomba Penyuluhan, yaitu kak Ipul dan kak Tipa ]

[ Ya, dan ini dia pemenang utama kita dari Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ]

Ya, sudah tau bukan pemenang nya siapa saja, lumayang sih Hadiah lombanya, gede-gede, isinya apalagi, gak tahan pasti. Wwkk, semoga pengalamannya dapat dipakai ya kak, kemudian bisa jadi panutan di Saka Bakti Husada kedepannya, sekali lagi selamat kak !!!

[ Dan ini dia para pemenang Lomba Krida Saka Bakti Husada 2016 ] 

[ Kalau ini foto bersama dengan Para peserta kegiatan dan Panitia ]

Scene 5.

Masuk juga ke scene terakhir, pada scene ini hanya beberapa kegiatan tambahan, seperti operasi semut perobohan tenda dan sesi hura-hura, pen tau? kuy langsung di lihat aja fotonya xD

[ Para wanita tangguh nya ini mah ] 

[ Ya, tau lah ya ini ngapain ] 

[ Kak Wira lah yang paling gantent disitu ] 

[ Ya, ini udah lupa dengan kegiatan awalnya yaitu Operasi Semut ] 

[ Kak Ria lah yang paling cantik disitu ] 

[ Ini gak tau ya mau ngapain .... ]

[ Tapi hasilnya mayan juga lah xD ]

Beberapa cerita juga sepertinya harus ditorehkan pada Website ini, bukan hanya sekedar memberi informasi kepada khalayak tapi juga perlu memberi sebuah bagaimana kisah keluarga kecil ini berjalan sampai sukses nanti.

Nantikan cerita kami yang lainnya kak, don't forget to share and comment yaw!!!



Terimakasih,
Salam Pramuka!!!

Gerakan Pramuka
Satuan Karya Bakti Husada
Kwarcab Batam

Dewan Satuan Karya
Kwarcab Batam 2016

Share this

Related Posts

Next