Tanda Penghargaan Wings Satuan Karya (Bravet)

Baca Juga

Salam Pramuka!!!

Selamat beraktifitas dengan kakak semua, udah pada weekend ya sekarang, apa nih planing kakak diakhir pekan kali ini. Biasanya kalau akhir pekan itu adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama teman, keluarga, dan sang kekasih (jika ada) (jika engga ada, ya sabar aja). Selain itu kalau melakukan aktifitas yang hebat itu juga mantap, seperti mancing, buhkan mancing ikan mujaer atau gabus bahkan gobi, tapi disini mancing ikan hiu atau ikan pedang. Kalau itu baru mantap, tapi buat kakak yang mungkin gak hobby buat mancing atau gak punya bakat disana, mendingan gabung aja kesini untuk baca sebuah artikel yang bermanfaat.

Kalau udah gak mancing, ya lakuin aja aktifitas yang kakak suka, mana tau lagi musim layang-layang atau goli ditempat kakak, kakak bisa mencobanya. Nah, jika enggak ada time buat main yang gak guna, ya lakuin yang guna. Nolongin orang jualan, part time, bantuin orang tua, atau lakuin sesuatu yang agak lebih berguna bagi nusa bangsa dan negara. Contoh ni kalau anak pramuka, bisa test TKK nya atau TKU nya. Atau datang kesebuah tempat perkemahan, (ditempat kami ada dianpinsa kwaran bengkong minggu ini) sekedar bertamu untuk mengetahui tata cara pelaksanaan kan engga masalah kak. Atau ngajar anggota Pramuka juga boleh, atau kegiatan bermanfaat lainnya seterah kakak lah.

Nah, saran kami kakak bisa mencoba test pengambilan wings, mulai dari tapak merah dulu kak. lanjut jika udah ada pergi ke tapak hitam, pengembaraan juga bisa untuk mengambil wings tersebut. Atau kakak manjat gunung biar dapat yang warna hitam, atau jalan-jalan seharian gak pakai motor atau kendaraan lainnya. Ajak anak pramuka lainnya, biar seru. Enggak cukup di wings tapak merah dan hitam coba test wings lainnya, paralayang, skubadiver atau lainnya. Haha, kalau gitu simak artikel seputar wings ini ya kak.



[ Wings Saka Bakti Husada ]

Brevet atau dapat juga disebut sebagai Wings adalah tanda yang disematkan kepada seseorang yang telah ahli dibidang tertentu, seperti contohnya adalah Wings diatas yaitu Wings Saka Bakti Husada yang dapat digunakan oleh anggota Saka Bakti Husada tentunya, dan mahir dibidang kesakaan. Pada umumnya tidak jauh berbeda dengan Brevet lainnya atau tanda kemahiran ini yang sering digunakan oleh badan-badan kemiliteran nasional seperti TNI, POLRI, dan sebagainya. Oleh karena sebagian besar atribut, tanda jabatan, dan berbagai aksesoris yang dipasang pada Pakaian Pramuka tercinta ini haruslah mengilhami pemakaian pada organisasi-organisasi militer nasional. Nah, sama pula hanya dengan WINGS SAKA BAKTI HUSADA yang sejatinya mengilhami wings-wings yang ada pada badan-badan militer tersebut seperti contohnya wings komando, wings heli, wings bomber, dan beberapa contoh seperti wings paralayang, dan wings scubadiver.

Meskipun jika ditinjau lebih jauh lagi, masih ada beberapa hal yang janggal mengenai kejelasan tanda kemahiran ini (belum ada PP yang jelas mengenai syarat penempuhan tanda kemahiran ini), namun tidak ada salahnya juga jika wings ini dijadikan sebagai sebuah tanda penghargaan kepada mereka yang berhak mendapatkannya. Setidaknya mereka yang menggunakan telah mampu digunakan sebagai pengguggah smagant (moodboster) agar para insan Pramuka lebih cinta terhadap Saka Bakti Husada dan wabil khususnya untuk anggota dari Saka Bakti Husada Batam sendiri.

Syarat penempuhannya pun kita sesuaikan dengan dasar yang ktia pakai sebagai latar belakang yang mengilhami munculnya tanda kemahiran ini, atau mungkin disetiap kesakaan berbeda beda. Seperti layaknya wings-wings TNI/POLRI, syarat bagi individu yang hendak menyematkan tanda kemahiran ialah individu tersebut harus benar-benar mahir sesuai dengan wings yang ia capai. Wings heli contohnya disematkan kepada mereka yang mahir pada bidang pesawat heli, wings bomber disematkan kepada mereka yang ahli pada bidang pengeboman, wings paralayang dan skubadiver disematkan kepada mereka yang mahir dibidang paralayang dan diving, dan seterusnya. Jadi untuk Wings Saka Bakti Husada sendiri disematkan kepada anggota Saka Bakti Husada yang mahir dibidang Saka Bakti Husada.

Mahir dalam karta arti mengetahui segala seluk beluk Bakti Husada, mulai dari bagian atas sampai kepada yang paling kecil, bahkan mengetahui masing-masing tugas dan fungsi dari krida-krida yang ada di Saka Bakti Husada, dan syarat selanjutnya ialah resmi anggota Saka Bakti Husada. Selain itu juga, masih ada beberapa point penting yang perlu diketahui dari anggota yang berhak memakainya. Mulai dari SKK setiap krida, dan setidaknya dapat memahami dan mengerti setiap Krida yang ada pada Saka Bakti Husada. Selain itu pula anggota tersebut dapat menggunakan Wings sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pada pangkalan masing-masing, contohnya ialah mengabdi selama beberapa bulan pada saka tersebut, atau bahkan dapat menyampaikan sosialisasi kepada anggota pramuka lain bahkan kemasyarakat.

Nah, jadi untuk kakak yang mengikuti saka apapun itu, jangan sembarang memasang dalam penggunaan Brevet tersebut, apalagi salah aturan dalam penggunaanya. Nah, kalau disaka bakti husada batam juga memiliki aturan tersendiri, jadi tidak bisa semua anggota dapat menggunakan wings tersebut secara suka-suka saja, dan tentunya harus sesuai dengan aturan yang ada. Oke kalau begitu untuk kakak Saka Bakti Husada Batam jangan sembarang dalam menggunakan tanda penghargaan WINGS ini secara semena-mena ya kak.

So, buat kakak anggota pramuka, jangan lupa share info menarik ke anggota lainnya kak,
Mungkin hanya ini saja info yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat untuk anggota lainnya, dan anggota saka terntunya.



Sekian dan Terimakasih
Salam Pramuka!!!

Gerakan Pramuka
Satuan Karya Pramuka Bakti Husada
Tingkat Cabang Kota Batam
2016



Share this

Related Posts

Next