Pertinas Husada V 2016

Baca Juga

Salam Pramuka!!!

Pertinas Husada atau biasa disapa dengan Perkemahan Bakti Tingkat Nasional ke-5 (lima) ini akan dilaksanakan ditahun ini yaitu tahun 2016. Perkemahan tingkat Nasional yang dikhususkan untuk Saka Bakti Husada ini adalah kegiatan yang telah dilaksanakan ke-5 (lima) kalinya, dimana pada kegiatan sebelumnya dilaksanakan ditahun 2011 yang bertempat di wilayah Sulawesi atau lebih tepatnya di Provinsi Gorontalo.

[ Logo Pertinas Husada sebelumnya ]

Ya, agenda yang sering dilaksanakan selama 5 tahun sekali ini merupakan agenda yang selalu dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia selaku Ketua Majelis Pembimbing Naional Saka Bakti Husada yaitu Kak dr. Nafsiah Mboi , Sp.A, MPH yang kemarin pada acara HUT Saka Bakti Husada Nasional di Jakarta yang telah memberi 15 penghargaan kepada Pimpinan Saka Tingkat Nasional di Jakarta, dimana beliau lah yang akan mendukung program kegiatan Perkemahan Tingkat Nasional Saka Bakti Husada 2016 ini.

Nah, dimana Kegiatan Nasional ini dilaksanakan di Provinsi Jawa Timur. Yang bertepatan pastinya berada di Blitar, Jawa Timur, atau di Bumi Perkemahan Serut, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Tempat yang dapat dikatakan menarik dan berbaur dengan alam ini akan menjadi tempat pertemuan para Pramuka Penegak dan Pandega Saka Bakti Husada untuk menambah wawasan, pengalaman, serta ilmu dari para Pramuka yang berpangkalan di Poltekes dan Bapelkes lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di bulan Oktober mendatang ini akan dilaksanakan selama satu minggu, yaitu pada tanggal 17 - 23 Oktober 2016, yang telah di acc oleh Gubernur Jawa Timur selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah disana yaitu Kak Dr. H. Soekarwo, M.Hum dan dipastikan akan berjalan sesuai dengan yang akan diagendakan. Kak Karwo atau sering disapa Pakde Karwo juga berpendapat bahwasanya Anggota Gerakan Pramuka harus memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat melalui pengaplikasian keterampilan kepramukaan khususnya dibidang kesehatan. Salah satunya dengan memberikan pendampingan kesehatan dengan contoh program 1 rumah satu kader atau satu rumah satu pramuka, yang bertugas melakukan pendampingan dalam membantu masyarakat mengatasi masalah kesehatan dan penyakit. Budaya hidup sehat dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan juga menjadi harapannya, pasca pelaksanaan kegaitan Pertinas Husada V tahun 2016 ini.

Dimana hal tersebut disampaikan pada saat audiensi antara Gubernur Jawa Timur dengan Pengurus Kwarda Jatim beserta DKD Jatim, bersama Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Bupati Blitar, Kwarcab Blitar, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.

Dimana kesiapan-kesiapan akan diatur langsung oleh Bupati Blitar terpilih, yaitu Kak Rijanto yang akan menyanggupi serta kesiapan untuk menyambut Event Nasional ini dengan baik. Oleh karena itu, mereka akan selalu melakukan kontribusi nyata demi mempersiapkan agenda ini dan akan membuat agenda tersebut berjalan sesuai dengan yang telah diagendakan. Dimana salah satu kontribusi nyata yang telah dilaksanakan ialah Survey Lokasi Kegiatan Pertinas, di Buper Serut, Blitar. Dimana pada survey awal ini telah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu ditahun lalu, dengan harapan dimana kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan harapan.

Selain itu, beberapa sumber yang kami dapat dimana pada Kegiatan Pertinas Husada V ini harus melibatkan gerakan Masyarakat, selain gerakan Pramuka yang harus terlibat penuh gerakan Masyarakat juga akan memberikan kontribusi nyata dalam kepramukaan yaitu dengan mengabdi kemasyarakat. Gerakan Masyarakat yang dimaksud tersebut sama seperti yang telah dijelaskan diatas, Pertinas SBH ke V tersebut harus menjadi gerakan masyarakat agar berperilaku dan hidup secara sehat. Dalam Pertinas ini, Pramuka dapat memasukkan materi kegiatan kesehatan masyarakat seperti pemantauan jentik nyamuk beserta penangananya hingga penanganan penyakit menular lainnya agar masyarakat lebih peduli kepada lingkungan.

Dimana kegaitan Pertinas SBH V 2016 ini yang melibatkan atau sebagai wahana pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pandega anggota Satuan Karya Pramuka Bakti Husada guna menggalang persaudaraa, peningkatan kualitas SDM Pramuka. Selain itu, kegiatan ini juga akan menambah pengalaman, keterampilan dan inovasi dan rekreatif yang mengandung unsur bakti kepada masyarakat. Nah, itu beberapa resensi yang didapat dari Web DKD Jatim dan Dinas Kesehatan Jatim serta info seputar Malang. Jadi untuk informasi lainnya mengenai Perkemahan Bakti Tingkat Nasional ini ditunggu lagi mengenai info lebih dalam mengenai Event Nasional yang akan dikhususkan untuk anggota Saka Bakti Husada.

Perkemahan Bakti Tingkat Nasional Saka Bakti Husada V tahun 2016 ini mengangkat tema "Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Sebagai Kader Kesehatan Berkarakter Siap Berperan Dalam Gerakan Indonesia Sehat" yang akan menjadi acuan dan tujuan akhir setelah anggota Pramuka Saka Bakti Husada yang mengikuti kegiatan tersebut, dan diperikaran pada kegiatan ini total peserta akan mencapai dititik sekitar 2.323 orang.


Sekarang untuk kakak-kakak Anggota Saka Bakti Husada Batam, nah semoga pada Event Nasional ditahun ini pangkalan kita Balai Pelatihan Kesehatan Batam dapat kembali menurunkan pasukan 16 atau pasukan khusus pada kegiatan Event Nasional ini. Dan semoga dengan pasukan 1 sangga Putra dan 1 sangga Puteri ini beserta pendamping atau instuktur, pamong dapat mengukir sejarah kembali dan mengharumkan nama Saka Bakti Husada Batam. Setelah sukses di tahun 2013 dengan mengikuti serangkaian Kegiatan Nasioanal pada Kemah Nasional Kesehatan II di Semarang, Jawa Tengah. Semoga ditahun dapat kembali mengikuti Perkemahan Bakti Tingkat Nasional Saka Bakti Husada V di Blitar, Jawa Timur.

Oke, sesuai intruksi dari Kak Ovic selaku Pamong Saka Putera, untuk anggota yang akan mengikuti kegiatan tersebut akan diseleksi secara bertahap, sehingga hasil akhirnya akan terpapar menjelang pada kegiatan tersebut. Semoga kakak semua masuk dipasukan 16 tersebut atau pasukan khusus Husada tersebut. Nah, mulai terus aktif latihan dan lebih memperdalam ilmu kekridaan, kesakaan, dan kepramukaannya kakak semua. Info lainnya seputar Kegiatan Pertinas tersebut akan terus kami torehkan di Web Resmi dari Saka Bakti Husada Batam ini.

Jangan lupa untuk mengabdi penuh kepada Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Cabang Batam yang berpangkalan di Balai Pelatihan Kesehatan Batam.

Terimakasih,
Salam Pramuka!!!

Gerakan Pramuka
Satuan Karya Bakti Husada
Kwarcab Batam

Dewan Satuan Karya
Kwarcab Batam 2016

Share this

Related Posts

Next