Pengambilan Badge Krida

Baca Juga

Salam Pramuka!!


Akhirnya untuk latihan rutin kali ini, sekaligus menyongsong masa depan yang ceria dapat kami torehkan sejumlah perjuangan kakak-kakak Saka Bakti Husada Batam. Yang telah berjuang dan bersemangat melawan api bara, pisau tajam, arang hitam, kaca beling untuk menempuh sebuah pengetesan yang dapat berguna sebagai pengalaman, pengetahuan dalam bidang kepramukaan khususnya satuan karya pramuka bakti husada.

Yapz, kakak semua. Berjumpa lagi dengan kami (author kali ini berinisial W) yang tengah menjalankan skripsi, lpj, dan lain sebagainya. Meski di landa dengan deadline masih sanggup berjuang untuk membuat artikel kecil yang bertema dengan kegiatan pagi tadi yaitu "test krida". Sebagai langkah awal untuk menunjang para anggota Saka Bakti Husada Batam menjadi lebih aktif, inovatif, kreatif di bidang kesakaan, dan kesehatan.

Kegiatan ini merupakan agenda program kerja dari Dewan Saka Bakti Husada Batam, yang merupakan kegiatan latihan rutin yang dikemas dalam sebuah pengujian. Dimana program kerja yang dilaksanakan untuk pengambilan sebuah Badge dari Krida yang telah kakak-kakak anggota ikuti selama materi berlangsung. Meski tidak terfokus kepada Krida tersebut saja, dengan mendapatkan materi dari krida lainnya. Setiap materi krida telah terlewati dan saatnya masuk untuk pengetesan sebuah krida tersebut sebagai tanda apakah mereka benar-benar memahami dari masing-masing krida yang mereka ikuti?

Pengujian Krida ini adalah kegiatan pertama yang dilaksankan di Saka Bakti Husada Bapelkes Batam, meski perlu sedikit perancangan yang matang, dan konsep yang harus benar-benar lugas. Tapi kegiatan ini telah berjalan dengan sempurna meski ada sedikit pengahalan yang meretakkan kata sempurna tersebut. Ya, dengan konsep dari para Dewan Saka dan Pamong Saka maka berjalanlah kegiatan ini yang bermanfaat tentunya untuk para anggota kedepannya.

Dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2015, di Balai Pelatihan Kesehatan Batam, dimulai pukul 09.00 WIB. Adalah saat yang dinanti setiap anggota Saka Bakti Husada Batam dalam latihan rutin ini. Sama seperti sebelumnya ketika latihan rutin, tetap dimulai pukul 09.00 WIB. Dan para anggota tenah belajar kembali meski uas telah pergi beberapa hari yang lalu.

[ Belajar Dulu Kak ]

Belum tepat pukul 09.00 WIB para anggota Saka Bakti Husada telah berdatangan, mulai dari yang awalnya hanya dua dayang pukul 07,45 sampai ramai pukul 09.00, meski ada juga beberapa masih yang telat, yang ini, yang itu dan yang begini.Beberapa hari yang lalu, latihan rutin tidak dilaksanakan berhubung para anggota tengah melaksanakan UAS dan sekarang kembali latihan dan langsung melaksanakan Test. Tetap sabar kakak semua.

Lanjut ke bagian Upacara Pembukaan, karena sudah sampai pukul 09.00 maka upacara kita laksanakan, dan para anggota yang telah memasang muka siap untuk Test langsung kita bariskan dan prepare upacara. Berbeda dengan hari sebelumnya, kali ini prosesi Upacara Adat lebih maju dari hari sebelumnya. Bagaimana dengan para anggota? Ya, mereka akan lebih diketatkan lagi dalam masalah kedisplinan waktu, pakaian. Dan ini beberapa gambar dalam beberapa sesi upacara pembukaan latihan Saka Bakti Husada Batam.

[ Persiapan Upacara Pembukaan ]

[ Laporan Pimpinan Krida ]

[ Penjemputan Pembina ]

[ Pengibar Bendera Merah Putih ]

[ Amanat sekaligus Pembukaan ]

Iya, itu beberapa picture pada saat sesi upacara pembukaan yang kami seleksi dan dapat dikategorikan menjadi NICE SHOT. Hahai, sedikit amanat dari Kak Opik selaku PLH Pinsaka Bakti Husada Batam memberi amanat kepada anggota Saka Bakti Husada Batam bagaimana sistematis pengetestan, mulai dari test awal - test utama dan bocoran kisi-kisi serta menyatakan beberapa hadiah menarik yang akan diberikan kepada penguji dan pemantau Test Krida untuk Pasangan Putra Putri Tergiat selama kegiatan ini berlangsung, Nantikan di Akhir Cerita. eh, Artikel.

Test Begin.

1. Test Fisik

Test fisik dilaksanakan setelah upacara berlangsung, mulai dari sedikit intruksi dari Dewan Saka dan kemudian pelaksanaan dengan pembagian nomor urut pelari. Karena disini test fisik yang dijalankan yaitu dengan berlari mengelilingi Area Balai Pelatihan Kesehatan Batam. Ya, meski juga cukup lumayan memacu adrenalin, tapi ini lah yang harus para anggota lewati nantinya. Mulai berpatokan wakyu dalam 15 menit. Setiap satuan mulai dipisah, tidak bergabung dengan krida masing-masing melainkan menjadi satuan putra dan satuan putri. Kita berawal dari ladies first, yaitu para putra-putra anggota Saka Bakti Husada Batam. 

Ya, untuk pasukan putra tidak perlu dikhwatirkan lagi. Mereka adalah pelari handal yang bermain dalam film "Maze Runner" sebagai tokoh utama pelari. Tidak dibayangkan dalam waktu 15 menit dapat berapa jumlah larian yang mereka tempuh. Dimana sistem yang diterapkan ini dibuat menjadi 3 pos utama, yang disetiap pos mereka harus menyebutkan nomor urut lari peserta mereka, Karena untuk menghindari kecurangan, dan hal yang tidak di inginkan,

Masuk dalam tahap pelarian yang dimana Test Fisik ini adalah test pembukaan awal untuk menuju test utama. Ya, dimana total pelari yang datang tidak terlalu banyak diakrenakan musim dan cuaca sedang tidak mendukung, yaitu kurang bersahabat karena hujan dipagi hari ini. Sehingga total anggota yang datang tidak terlalu banyak datang, Dan masih disibukkan dengan beberapa tugas sekolah karena baru saja berhadapan dengan UAS.

Putra-putra tangguh milik anggota Saka Bakti Husada dapat mendapatkan jarak tempuh keliling yang lumayan besar, jika rekor pendahulunya 8, ternyata mereka mendapatkan selisih yang tidak terlalu jauh yaitu 6. Dan banyak juga yang mendapatkan 6x keliling berjumlah 4-5 orang. Dan para pendulu yang mendapatkan jarak tempuh 8x keliling hanya 2 orang, kebanyakan 7 -__- . Lanjuuut, ini beberapa picture yang kami abadikan dalam kamera bersejarah kami.

[ Pelari Putra ]

[ Kalau ini Modelnya ]

[ Ini pelari yang dapat 6x , kecuali belakang yang ndut :v ]

[ Ini mah Maze Runnernya! ]


Ya, pelari terakhir yang finish dan tidak ada istirahat ini telah mencapai waktu finish dan hanya finish pada keliling 6x. Gak ada yang mengalahkan rekor pendahulunya, yang jumlah kelilingnya 8. Sekarang hanya 6, semoga kedepannya lebih-lebih lagi. Time for Putri, sekarang waktunya para putri yang tengah belajar

 [ Yang tadi belajar ]

Menjadu pelari sama seperti halnya putra sebelumnya. Kalau kali ini kewalahan ngatur pelari putri yang jumlahnya tidak terbatas, sehingga hampir terjadi kekeliruan nilai dalam pelari ini. Hahai, pelari ya tetaplah pelari. Tapi mereka beda karena mereka jagonya dalam nyuntik :v menjadi pelari.


[ Sekarang siap mau berlari ]

Udah pada baris, bagi nomor urut peserta lanjut kepersiapan untuk berlari, dimana sistem sama dengan putra tadi. Hanya saja disetiap pos mereka berlari melapor yang sangat susah untuk di koordinir karena jumlah yang dapat dikatakan wow. Haha, bahkan saya sendiri pun mengalaminya, karena mereka teriak bareng-bareng dengan suara terkuat mereka.

[ Start nya aja udah bejibak ]

[ Ini para modelnya putri ]

[ Laporan kalau bertumpuk gitu gimana ]

[ Maze Runner Putri !! ]

Haha, kalau putra bisa dapat 6, tentunya putri tidak mau mengalah dan bisa mendapatkan 4. Selang 2 saja, kalau putra total lari sedikit 4, sekarang diputri total sedikit pelari 2. Pasti ada yang agak aneh disana :3 kalau putra mungkin semput, kalau putrinya mungkin malas lari -____-

Siap sudah berlari sekarang masuk kedalam tahap selanjutnya yaitu dengan test utamanya, Test utama yang ini agak berbeda dengan test biasa, dimana test ini dilaksanakan langsung dengan lisan, alias wawancara. Tapi tetap menggunakan bahasa indonesia. Nah, awalnya memang tidak terlalu hidup disana, tapi agak menantang sepertinya. Ya, wawancara langsung itu agak susah dalam menjawab dan tidak ada waktu untuk menyontek temannya,

2. Test Utama

Test utama, hahah. Ini adalah test yang bisa kami lakukan, disini puncak acara berlangsung, dimana setiap masing-masing anggotak kembali ke kridanya dan lanjut untuk melaksanakan test, dengan sistem wawancara ini, setiap krida dipanggil satu persatu, dan siap melaksanakan test dengan dipanggil satu persatu. Sesungguhnya 3 per 3, karena untuk meghindari kemakannya waktu, jadi mereka dengan sedikit rasa cemas melanjutkan perjuangan mereka, Testnya berupa perkenalan, pengetahuan kepramukaan, kesakaan, krida, dan minat bakat. Seperti itu lah sedikit bocoran testnya.

Nah, dilaksanakan di Ruang Nongsa, dengan penguji dari setiap instruktur, tapi hanya Kak Hera saja yang dapat datang, yap, intruktur dari Krida Keluarga Sehat. Sedangkan instruktur lainnya, karena tengah melaksanakan HKN dan ada yang sedang berada diluar kota, sehingga hanya Kak Hera yang dapat menemani kita semua. Ini langsung saja masuk kedalam picture-picturenya.

[ Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ] 

 [ Krida Lingkungan Sehat ]

[ Krida Keluarga Sehat ]

[ Krida Bina Gizi ]

[ Krida Bina Obat ]

Nah, yang tidak ada yaitu Krida Penanggulangan Penyakit karena peserta tidak datang semua dikarenakan ada yang sakit, melaksanakana tugas, dan juga sedang ada acara pramuka di ambalannya. Nah, jadi mereka hanya datang sebanyak 2 orang. Sehingga tidak dapat dokumentasikan, alias kamera ketika itu dilarang masuk. Wkwk,

Nah, pada testnya pun, juga ada yang melawan adrenalin seperti gambar dibawah ini :

[ Krida Keluarga Sehat ]

[ Krida Bina Obat ]

[ Krida Bina Gizi ]

[ Krida Lingkungan Sehat ]

[ Penyanyi Krida Obat ]

[ Penyanyi Krida Bina Lingkungan Sehat ]

[ Paduan Suara Krida Keluarga Sehat ]

[ Kalau ini gak tau ngapain :v ]

Itu mah, orang-orang yang udah putus urat malunya :v dari setiap masing-masing krida. Dimana point test ke-5 yaitu tentang minat bakat, dimana setiap para peserta ditanyakan kemampuannya. Sehingga kemampuan yang terpendam dapat kami keluarkan nantinya, sekaligus ingin mencari beberapa anggota yang dapat menjadi sebuah pupuk berguna untuk Saka Bakti Husada Batam. Kalau para anggota ada yang bisa menyanyi, drama, menari tradisional sampai modern kami pun juga tidak mau kalah dengan mereka. Kami bisa juga seperti itu.

Berhenti tepat pukul 12,15 dimana setiap peserta dapat melaksanakan istirahat, karena berhubung cuaca tidak bersahabat yaitu hujan deras yang melanda satu kota batam. Jadi para peserta tidak dapat kemana-mana, hanya dapat menunggu hujan berhenti. Sehingga hujan yang begitu awet ini menyebabkan para perut berbunyi dan membutuhkan asupan makanan yang bisa mengganjal perut-perut para peserta. Sehingga ada sesi makan bersama seperti pict dibawah ini @

[ Makan bersama ]

[ Ngemil Bersama-sama ]

Nah, sambil menunggu test pemilihan pasangan tergiat putra dan putri, yang dilaksanakan di test kedua. Para peserta menunggu dengan penuh keajaiban dan berharap teman dari anggota Saka Bakti Husada Batam yang mewakili krida mereka mendapatkan posisi tersebut, Tapi selamat kepada Kak Awrel ( Krida Lingkungan Sehat )dan Kak Sukma ( Krida Bina Keluarga Sehat ) sebagai putra putri tergiat dalam kegiatan ini. Sebagai tanda simbolis untuk memotivasi kakak kakak anggota dari krida lainnya.

Upacara penutupan dilaksanakan sekitar pukul 14.00 WIB dan agak telat untuk para peserta pulang, sesi upacara penutupan sekaligus penyematan dilaksanakan berbeda tempat karena hujan awet melanda, Serta pada kesempatan penyematan Kakak Pamong Saka tidak dapat melaksanakan penyematan karena sedang melakukan tugas mendadak yang sangat urgent. Sehingga diwakilkan oleh Kak Wahyu. Ini beberapa foto pada sesi penyematan dan upacara penutupan.

[ Persiapan Upacara ]

[ Upacara Penutupan ]

[ Laporan Krida ]

[ Upacara Penutupan II ]

Dan ini saat ketika penyematan sebagai penutup upacara penutupan sekaligus penutupan latihan rutin di hari itu.

[ Peserta Penyematan ]

[ Penyematan Krida Penanggulangan Penyakit ]

[ Penyematan Krida Lingkungan Sehat ]

[ Penyematan Krida Bina Obat ]

[ Krida Obat Lagi ]

[ Penyematan Krida Keluarga Sehat ]

[ Penyematan Krida Bina Gizi ]

[ Salam-Salam ]

Sekian untuk kegiatan kami diminggu ini, dan tetap ditunggu artikel menarik lainnya kakak semua. :)

Dewan Saka

Masa Bakti 2014-2016

Salam Pramuka!!










Share this

Related Posts

Next